Cara Mudah Merawat Rambut Agar Indah

Bookmark and Share

Kesibukan sehari-hari acap kali membuat para wanita tak punya waktu ke salon. Walau tak bisa ke salon, bukan berarti rambut tak dirawat. Berikut beberapa perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah. Bagaimana caranya?

Semua jenis rambut

Menurut Janice Cox, penulis buku “Natural Beauty at Home”, kuning telur yang kaya akan protein dan lemak berfungsi sebagai pelembap. Sedangkan putih telur yang mengandung enzim pembunuh bakteri dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala. Untuk rambut normal gunakan keduanya, untuk rambut berminyak cukup putih telur dan untuk rambut kering gunakan hanya kuning telur. Usapkan telur pada kulit kepala dan rambut, diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air dingin dan shampo. Perawatan dengan kuning telur baik dilakukan sebulan sekali, sedangkan untuk putih telur boleh dilakukan setiap dua minggu.

Kulit kepala gatal
Tips Merawat Rambut Tanpa ke Salon
Tips Merawat Rambut Tanpa ke Salon
Kulit kepala gatal dan banyak serpihan putih sering disebabkan oleh kesalahan diet, stres serta iklim. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan jus lemon yang dicampur dengan minyak zaitun. "Asam pada lemon membantu mengurangi gatal dan kulit kepala kering, sedangkan minyak zaitun mampu melembapkan kulit kepala baru," ujar Cox lagi. Campurkan dua sendok makan jus lemon, dua sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan air. Lalu pijat kulit kepala dengan campuran tersebut, kemudian diamkan selama 20 menit. Terakhir, bilas dengan shampo. Perawatan ini bisa dilakukan setiap minggu.

Rambut kering

Rambut kering bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya paparan sinar matahari dan pemakaian alat penataan rambut yang panas. Untuk mengembalikan kelembapan rambut, madu adalah solusinya. "Madu mampu menyerap dan mempertahankan kelembapan," jelas Cox. Caranya, usapkan setengah cangkir madu ke rambut yang basah dan bersih. Lalu biarkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Untuk rambut yang kering dan rusak, Anda bisa mencampurkan madu dengan bahan makanan yang mengandung protein tinggi, seperti alpukat atau kuning telur. Perawatan ini bisa dilakukan sebulan sekali.

Rambut berminyak

Gunakan cornmeal atau butiran semacam tepung jagung kering untuk mengangkat minyak pada kulit kepala dan rambut. Caranya adalah dengan menuangkan cornmeal ke dalam botol khusus garam, lalu kemudian taburkan di atas rambut dan kulit kepala yang kering. Setelah 10 menit, sikatlah rambut untuk membersihkannya. Perawatan ini bisa dilakukan setiap hari.

Rambut rontok

Pijat kulit kepala dengan minyak zaitun atau minyak kelapa yang dihangatkan. Ingat, hindari minyak yang terlalu panas karena dapat menyebabkan pengelupasan kulit kepala. Oleskan minyak dan pijat dengan lembut kulit kepala Anda selama beberapa menit. Setelah itu, biarkan selama satu jam, lalu cuci rambut Anda dengan shampo. Maksimalkan perawatan dengan menggunakan shampo yang mengandung minyak alami agar tidak ada lagi masalah rambut rontok.

Selamat mencoba!

{ 4 komentar... Views All / Send Comment! }

Cream Pemutih Wajah Yashodara mengatakan...

Terima kasih atas info cara merawat rambutnya.

Yogi Marsahala mengatakan...

bagus dan menarik tips merawat berbagai jenis rambut, kunjungan balik ya ke blog saya myfamilylifestyle.blogspot.com

tiket mengatakan...

berguna bgt ne tipz~Y palagi buat cwek..
nice tipz...

Najla Alliya mengatakan...

rabut berminyak bisa bikin gatal kepala

Poskan Komentar