Maksimalkan Otak Kiri - Otak Kanan dalam Menulis

Bookmark and Share
Maksimalkan Otak Kiri - Otak Kanan dalam Menulis

Tak ada orang yang tidak bisa menulis, selagi kita masih mampu memegang bolpoin, pasti bisa menulis, tapi jika menulisnya di blog, ya tidak memegang bolpoin lagi. Tapi memencet keyboard. hehe..

Apakah selama ini anda menulis dengan menggunakan otak kiri? Atau sudah menerapkan dengan otak kanan? thinking

Emang apa sih perbedaannya kalau kita menggunakan otak kiri dan juga otak kanan? 
Otak kanan memiliki kemampuan yang sangat menganggumkan, yang berkaitan dengan imajinasi, kreativitas, intuisi, gambar, seni, musik, kesadaran diri, empati dan yang hal-hal yang berhubungan dengan emosional dan spiritual. happy
Bisa anda lihat pada gambar di bawah ini, bahwa otak sebelah kanan lebih menyenangkan dibandingkan dengan otak kiri.


otak kanan


Otak Kanan

Hal ini dapat kita terapkan dalam gaya menulis, bagaimana gaya menulis yang menyenangkan? Tentu saja, yang berimajinatif, ber-seni dan kreatif. Seperti contoh, dalam sebuah postingan blog, anda bisa menyisipkan sebuah gambar, gambar yang berhubungan dengan tulisan tentunya. Karena sebuah gambar lebih bermakna dibandingkan dengan ribuan kata-kata. Apakah anda setuju? Bisa juga dengan menggunakan bahasa santai, tidak formal. Emangnya pembaca itu guru kita??? So, jangan terlalu formal dalam berposting. hehe.. big grin

Gaya penulisan hendaknya jangan monoton. Supaya pembaca tidak bosan jika membaca tulisan yang datar, tanpa seni sedikitpun. Maksudnya monoton tu tulisannya doank kayak novel. Mengapa mayoritas orang lebih suka dengan komik dibandingkan dengan novel?? itu karena komik itu bergambar, sedangkan novel hanya tulisan saja. Sekiranya kurang menarik jika tanpa adanya gambar. thumbs up


Kesimpulan

Jadi.. Usahakan anda menulis (artikel atau blog, dan sebagainya) usahakan dengan mengoptimalkan otak kiri dan otak kanan, karena dengan begitu maka tulisan anda akan bagus secara kualitas konten, bagus secara estetika, bagus secara aturan tata tulis, dan khusus bagi orang yang cenderung menggunakan otak kanan, biasanya akan lebih menyenangkan. Bagi yang belum menerapkan menulis di blog dengan otak kanan, Coba aja deh pokoknya. Karena dengan menulis menggunakan otak kanan, tulisan menjadi berenergi serta aktivitas menulis terasa amat menyenangkan.


*****
Ref: inifu.blogspot.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar