Manfaat madu dan ciri madu asli

Bookmark and Share

Apa manfaat madu bagi kesehatan? lalu apa ciri-ciri madu asli serta cara membedakan madu asli dan madu palsu? Semua akan kita bahas disini.

Berikut ini manfaat madu untuk kesehatan :

1. Madu mengandung sekitar 69% glukosa dan fruktosa memungkinkan untuk digunakan sebagai pemanis. Jadi madu dapat digunakan untuk menggantikan pemanis gula.

2. Madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan. Oleh karena itu madu juga digunakan oleh banyak orang sebagai sumber energi. Di sisi lain, satu sendok makan gula akan memberikan sekitar 15 kalori. Selanjutnya karbohidrat dalam madu dapat dengan mudah dikonversi menjadi glukosa bahkan oleh perut yang paling sensitif. Oleh karena itu sangat mudah dicerna madu.

3. Meskipun madu memiliki lebih banyak kalori dari gula, madu jika dikonsumsi dengan air hangat membantu dalam mencerna lemak yang tersimpan dalam tubuh Anda. 

4. Madu mengandung berbagai vitamin dan mineral . Jenis vitamin dan mineral dan kuantitas mereka tergantung pada jenis bunga yang digunakan untuk pemeliharaan lebah. Umumnya, madu mengandung vitamin C , Kalsium dan Besi . Periksa vitamin dan kandungan mineral dalam gula dari sumber manapun, Anda akan merasa menjadi nihil atau sangat kecil baik.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah kesuburan serta bisa mengurangi stress.

6. Menyembuhkan luka luar, sebab madu punya kemampuan dalam mempercepat pembentukan sel-sel baru.

7. Dapat membantu meredakan gejala pilek, gejala sinusitis, demam atau panas, batuk, sakit tenggorokan.

8. Menghilangkan rasa kelelahan ( karena kandungan dalam madu ada energi yang tinggi). manfaat madu untuk kesehatan.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan, selain memiliki banyak manfaat buat kesehatan juga mudah dalam mengkonsumsi madu. 

Madu
Setelah mengetahui manfaat madu, sekarang kita juga harus jeli melihat kualitas madu, karena banyak sekali madu palsu yang beredar di pasaran.

Madu palsu terkadang mengandung campuran glukosa dengan gula pasir, buah, flavour serta zat warna. Dimana keberadaan zat-zat tersebut hanya dapat dibuktikan keberadaannya melalui uji laboratorium.






Bagi orang yang terlanjur membeli madu palsu tersebut tentunya akan merasa kecewa sehingga tidak dapat mendapatkan manfaat madu tersebut. Berikut ini saya akan memberikan tips dan cara jitu membedakan madu asli dan madu palsu. Tips dan cara mudah membedakan madu palsu dan asli ini telah saya lakukan uji coba pada madu asli dan madu palsu.

Berikut ini cara membedakan madu asli dan madu palsu :

1. Simpan beberapa sendok madu di dalam freezer kulkas. Simpanlah sekitar `10-30 menit kemudian amati perubahannya. Apabila madu tadi membeku berarti madu tersebut palsu dan telah bercampur dengan zat-zat tertentu. Madu asli seyogyanya tidak akan dapat membeku ketika disimpan di dalam lemari es. Sehingga ketika kita menyimpan madu asli di dalam lemari es maka kita dapat meminumnya kapan saja. 

2. Cara kedua adalah dengan menyimpan beberapa tetes madu di dalam piring berisi air putih. Kemudian tunggu beberapa saat. Kalau air tersebut menjadi keruh maka kemungkinan madu tersebut palsu. Sebaliknya jika madu tersebut asli maka tidak akan menyebabkan ari tadi menjadi keruh. Hal ini disebabkan karena madu asli tidak mengandung banyak air.Itulah 2 cara jitu membedakan madu asli dan madu palsu, semoga kita para penggemar madu tidak lagi tertipu dengan membeli madu palsu yang banyak sekali beredaran di pasaran.


***
Ref: Dari berbagai sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar