Perang Tomat di Spanyol (La Tomatina)

Bookmark and Share

La Tomatina, Pesta Perang Tomat di Spanyol

Festival lempar tomat (La Tomatina) pertama kali dilakukan pada tahun 1945 dan mendapat pengakuan dunia pada tahun 1952. 


Festival lempar tomat ini biasanya dapat Anda saksikan setiap tahunnya pada bulan Agustus. Setelah satu jam selesai berperang, salah satu kota di Valencia ini seolah terlihat seperti kebanjiran darah yang sangat kental, namun uniknya darah-darah itu bukanlah darah yang sesungguhnya melainkan berasal dari pecahan tomat yang sudah dilempar tadi.

Untuk kelengkapan festival, panitia penyelenggara telah menyediakan 150 ribu tomat atau bahkan puluhan ton tomat, pentas seni (musik, parade dan tarian) serta pesta kembang api seminggu sebelum acara dimulai. Sedangkan pada malam hari sebelum festival, para peserta wanita diikutsertakan dalam kontes memasak paella. 

Begitu festival tomat dimulai, setiap pria yang ingin bertanding diharuskan melepas kemeja mereka dan para wanitanya pun diperbolehkan memakai pakaian yang sedikit terbuka.

Adapun persiapan lainnya, seperti pembungkus plastik di setiap toko di pinggir jalan agar mudah dibersihkan setelah festival berakhir. Konon, biaya dihabiskan untuk membelanjakan puluhan ribu tomat bisa mencapai 90 ribu pounds atau setara dengan Rp1,3 miliar.


*****


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar