Ingin Awet Muda? Tempe Solusinya

Bookmark and Share

Apakah anda ingin Awet Muda? 

Kalau iya maka makan Tempe Solusinya.

Awet muda itu menyenangkan, anda bisa menikmati hidup, jalan-jalan dengan Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia atau yang lebih jauh bisa jalan-jalan liburan ke Pulau Komodo Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World.

Ngomong-ngomong tentang awet muda ternyata ada lho cara sederhana untuk awet muda, yaitu dengan rutin mengkonsumsi tempe.

Tempe biasanya dimakan sebagai lauk makan nasi atau camilan, sedangkan di luar negeri tempe menjadi makanan bergengsi ala koki hotel terkenal. Unsur penting yang membuat tempe terkenal karena kandungan zat penting di dalamnya. Selain protein yang mudah dicerna sehingga baik untuk mengatasi diare, tempe juga banyak mengandung zat besi, serat, kalsium, vitamin, B-12, flavonid yang bersifat antioksidan, juga dapat menurunkan tekanan darah.
Tempe merupakan makanan rendah kalori (100 gram tempe mengandung 160 kalori), rendah lemak jenuh, dan bebas laktosa. Sifat antioksidan tempe menahan partikel bebas yang antara lain menyebabkan proses degeneratif. Kandungan isoflavon dalam tempe mampu menghambat proses penuaan dini khususnya untuk wanita menjelang masa menopause.

Wanita paruh baya setiap hari paling tidak membutuhkan 50-100 miligram isoflavon. Bila setiap 60 gram tempe mengandung 10 mg isoflavon, maka perempuan pada usia senja harus lebih banyak mengonsumsi tahu dan tempe. Sepotong tempe mengandung berbagai unsur bermanfaat, seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, vitamin, enzim, daidzein, genisten, serta komponen antibakteri bermanfaat untuk kesehatan.

Sementara kadar LDL (Low Density Lipoprotein yaitu kolesterol jahat dalam darah) tetap rendah. Kandungan isoflavon fitoestrogen yang tinggi juga diduga berperan dalam mencegah penyakit jantung dan kanker, khususnya kanker payudara.



Mutu gizi tempe yang tinggi memungkinkan penambahan tempe untuk meningkatkan mutu serealia dan umbi-umbian. Hidangan makanan sehari-hari yang terdiri dari nasi, jagung, atau tiwul akan meningkatkan mutu gizinya bila ditambah tempe. Sepotong tempe goreng (50 gram) sudah cukup untuk meningkatkan mutu gizi 200 gram nasi. Bahan makanan campuran beras-tempe, jagung-tempe, gaplek-tempe, dalam perbandingan 7:3, sudah cukup baik untuk diberikan kepada anak balita.

Jadi wajar saja kalau tempe telah menjadi primadona banyak orang, mulai dari anak-anak sampai kakek nenek, dari tukang sapu jalan sampai presiden, dari penjual warung nasi pinggir jalan sampai koki nomor satu hotel berbintang.


(Sumber: 101 Makanan Minuman Bikin Awet Muda oleh Siti Maharani dan klikdokter.com).


***** 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar