Blackberry ( perbedaan dengan handphone lain )

Bookmark and Share
Apa itu blackberry? apa bedanya dengan handphone lain?

Blackberry adalah device yang sama dengan handphone lain, bisa menjalankan fungsi dasar untuk telepon dan sms, yang membedakannya hanyalah Operating System pada handphone blackberry merupakan Operating System (OS) berbasis Java buatan RIM (vendor Blackberry).

Blackberry jika tanpa berlangganan servis Blackberry, tentu hanya handphone biasa yang bahkan bikin pusing, karena menunya tidak seenak handphone ber-OS symbian misalnya, namun jika blackberry telah diaktifkan dengan layanan blackberry operator anda, blackberry menjadi killer device untuk ber-internet ria, terutama email.

Loh? Handphone saya juga bisa beremail ria, via GPRS/3G/HSDPA malah, terus bedanya apa dengan emailnya blackberry?

Well, soal koneksi memang blackberry device juga bisa menggunakan GPRS dan 3G (seri tertentu, setahu saya baru 8707), namun bedanya adalah, jika pada device lain untuk menarik email ke inbox kita harus dilakukan secara manual (PULL teknology) atau jikapun ada kita harus menginstall 3rd party software sementara dengan blackberry, email muncul tanpa ‘diundang’ eh maksudnya ditarik, seperti pengiriman SMS, email di blackberry akan muncul beberapa saat setelah dikirimkan oleh pengirim ke blackberry kita - bahasa kerennya menggunakan teknologi PUSH.

Lah, kalau pda phone saya juga bisa PUSH email juga tuh dengan software 3rd party, ngapain saya pake blackberry?

Masalah selera sih, tapi 1 hal yang dari pengalaman saya pantau adalah kelebihan blackberry dalam mengkompres email yang masuk ke inbox kita, perbandingan dengan email biasa adalah 1:100 (skala extrem ya), jadi seumpama ada rekan yang mengirim email ke anda dengan size 1000 Kb (1 Mega) maka email yang anda baca di inbox blackberry anda hanya bersize 10Kb! amazing kan, berarti with blackberry device bandwidth koneksi sangat irit sekali.

Yang kedua, pernahkah anda mencoba menampung email di pdaphone/handphone anda lebih dari 1000 email? saya pernah, dan biasanya performance device kita pasti melambat dan bahkan paling parah hang sehingga harus di-reset.

well, dengan blackberry hal tersebut tidak perlu dilakukan, kelebihan inilah yang menjadi salah satu kekuatan blackberry, email puluhan ribu, monggo ditampung di blackberry anda, sebatas kemampuan memory-nya pasti tidak akan hang.

Terus, apalagi kelebihan blackberry? btw, harganya kok lebih mahal dari handphone biasa ya?

Untuk harga memang mahal, karena kualitas blackberry device sangat dapat diandalkan (baca: tahan banting), boleh percaya boleh gak, beberapa rekan-rekan di milis id-blackberry bahkan punya pengalaman mengesankan dengan blackberry mereka, ada yang kecebur di got, kecebut di wastafel, jatuh dari ketinggian beberapa meter dan paling seru, ada yang menggunakan blackberry 8700-nya untuk membuka cangkang kepiting saat makan sea-food.

goosseee, but that’s true!

Hmm, oke, blackberry punya kelebihan seperti diatas, emang dia gak punya kekurangan?

Almost perfect sih, tapi namanya buatan manusia pasti gak ada yang sempurna, berikut yang saya alami kelemahan yang dirasakan:
Hantu pemakan email/sms, disebut demikian karena sampai saat ini ada device blackberry yang entah kenapa bisa menghilangkan email/sms kita. beberapa rekan-rekan bahkan melihat sendiri di list emailnya, email hilang 1 demi 1 seperti di manual delete, padahal mereka tidak melakukan hal tersebut. Penyebab yang paling mungkin adalah memory internal blackberry yang mengecil, sehingga device blackberry secara otomatis men-delete email/sms yang ada untuk menaikkan besarnya memory internal.
solusi sementara saat ini, selalu lakukan update device blackberry anda dengan versi Operating system (OS) terbaru, semakin terkini kan semakin stabil.
kemudian juga install software untuk memanage memory (auto-free tanpa mendelete email/sms).
Lalu, pastikan email/sms penting di backup atau forward saja ke email penampung arsip anda.
Software, ya software blackberry sangat sedikit dan semuanya harus berbayar (jarang banget ada freeware), yang merupakan kelebihan namun kekurangan blackberry adalah softaware yang kita gunakan pasti harus melalui otorisasi RIM (blackberry kita pasti selalu connect ke server RIM sebagai penyedia layanan blackberry), sehingga software blackberry hampir tidak mungkin dibajak, so, buat yang akan menggunakan blackberry siapin dana lebih dan credit card untuk membeli software blackberry yang anda butuhkan tentunya.
Austis dan ‘gila’ sendiri, loh kok bisa? iya, buat beberapa orang email yang datang seperti SMS ini dapat menjadi addicted (ketagihan), bayangkan jika kita tidak dapat mengontrol waktu kapan harus melihat blackberry kita-orang terdekat, pacar, teman, orang tua, anak bahkan bisa terlupakan. Jadi pastikan anda menggunakan blackberry dengan bijak

Oke, kalau begitu saya siap menggunakan blackberry, berapa dana yang harus saya alokasikan? type apa yang cocok buat saya?

well, starting dari 2.5 juta hingga 7 juta, untuk lengkapnya silakan check di website blackberry.com, yang pasti tergantung selera dan dana anda, dengan 2 type utama yang full keyboard atau yang suretype keypad (mirip handphone biasa).

Ada tempat tertentu yang bisa saya kunjungi untuk melihat atau membeli? kalau mau bertanya atau ada masalah saya harus kemana ya?

Well, untuk saat ini yang saya tahu vendor penjual selain vendor telko (XL, Indosat dan telkomsel) di Jakarta (plaza semanggi, mall ambasador), bandung (BEC Gadtorade store dan beberapa rekan id-blackberry) dan Surabaya

Untuk informasi terupdate, silakan join ke milis id-blackberry@yahoogroups.com juga disini anda bisa bertanya tentang segala masalah yang anda alami.

Ehem, vendor yang mana yang harus saya pilih? apa bedanya antara vendor tersebut?

Saat ini, layanan blackberry baru tersedia oleh vendor telko GSM (belum ada yang CDMA di indonesia), yaitu Telkomsel, Indosat dan XL.

untuk telkomsel, mereka menawarkan paket 20Mb/bulan dengan biaya Rp 150.000,00 dengan kelebihan diatas 20Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk indosat, mereka menawarkan paket 100Mb/bulan dengan biaya Rp 200.000,00 dengan kelebihan diatas 100Mb akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

untuk XL, mereka menawarkan paket 50Mb/bulan dengan biaya Rp 199.999,00 dengan kelebihan diatas 50Mb (untuk koneksi blackberry sebagai modem) akan dikenakan biaya tambahan per-Kb-nya.

XL adalah satu-satunya vendor yang menyediakan bandwidth unlimited untuk koneksi internet/email via jalur RIM blackberry, sementara indosat dan telkomsel koneksi internet/email via jalur RIM blakcberry sama dengan besaran paket yang diberikan (20 Mb dan 100Mb)

Kelemahan XL cuma 1, area covered XL belum seluas Indosat dan Telkomsel, jadi buat anda yang mobile ke area luar pulau jawa, mungkin akan lebih baik memilih diluar XL.

Waktu ke Customer service, saya ditanyakan mau menggunakan layanan BIS atau BES, bedanya apa sih?

BIS, lebih ditujukan untuk pengguna akhir (end user) personal, jadi hanya perlu KTP, CC dan informasi personal.

BES, lebih ditujukan untuk pengguna corporate, terutama yang ingin email dengan setting server pribadi mereka, atau bahkan memberikan policy terhadap email apa yang bisa dikirimkan dan diterima.

Jadi

kalau anda hanya ingin menggunakan blackberry untuk tujuan pribadi, go ahead with BIS, tetapi kalau anda ingin bersama-sama perusahaan anda menggunakan blackberry, dengan pertimbangan kelebihannya, silakan ngobrol dengan sales BESnya.


Kalau mau mendaftarkan service blackberry, apa saja yang harus disiapkan?

Untuk berlangganan blackberry, anda harus berlangganan service blackberry dan menggunakan kartu PASCA bayar, sehingga, jika anda sudah memiliki nomor PASCA bayar, tinggal menggaktifkan layanan blackberry.

sementara, jika anda belum memiliki nomor PASCA, daftarkan ke vendor yang anda pilih untuk mendaftarkannya.

btw, jangan lupa membawa blackberry device anda saat mendaftarkan layanan ini, minimal anda mengetahui nomor IMEI dan PIN - PIN semacam nomor unik pada setiap blackberry device yang juga berfungsi sebagai id untuk menggunakan blackberry messenger.

Apakah biaya berlangganan blackberry sudah termasuk biaya SMS dan telepon? semisal jika saya menggunakan XL sebagai langganan saya? apakah 199ribu itu sudah termasuk SMS dan biaya telephone?

Tidak sayangnya, biaya 150ribu-200ribu itu hanya biaya berlangganan 1 bulan dan HANYA untuk blackberry, jika blackberry anda juga digunakan untuk ber-SMS dan telephone, maka biaya SMS dan Telephone akan ditambahkan diluar biaya tetap berlangganan blackberry tadi.


As request dari bro Calculus, apa sih bedanya antara Blackberry yang menggunakan Handset RIM blackberry dengan menggunakan blackberry pada handset NON-RIM dengan software Blackberry Connect?

Blacberry Connect atau biasa disingkat BBC sebenarnya adalah juga inisiatif dari RIM untuk memperbesar pasar layanan blackberry, secara singkat untuk membantu pengguna handset non-blackberry untuk juga bisa mnggunakan layanan blackberry.

Dulu, memang orang akan lebih memilih handset diluar RIM karena bentuknya yang UGLY,bongsor dan mahal, hingga tidak bisa dipungkiri orang (dulu) akan memilih perangkat Pockect PC, Smartphone seperti NOkia dan Sony Ericcson atau Palm.

Namun sekarang tidak lagi, sejak peluncuran product seperti Pearl,Curve dan Huron yang mengusung bentuk yang sensual dan tipis, orang mulai melirik pada produk terbaru RIM, apalagi saat ini sudah mendukung GPS dan WIFI.

Secara penggunaan, jujur saya tidak banyak menggunakan BBC, karena perangkat handset saya (treo 750v) terasa disiksa sampai mau mati untuk menarik email ratusan buah, dan dalam beberapa kasus, butuh reset beberapa kali karena terkesan hang/lack.

Toh, PULL email di Treo750 bisa dibuat sama baiknya dengan BBC dengan men-set everytime PULL email.

Nah kembali kepada esensinya, jika anda :
ingin menggunakan layanan blackberry
dan handset anda sudah support Blackberry Connect dan anda tidak menginginkan penggunaan handset blackberry
dan anda hanya membutuhkan 3 email account dengan trafic cuma beberapa hingga puluhan email.
dan rela battery handset anda lebih boros dan panas
dan rela kadang-kadang harus mereset handset anda
dan rela performance handset anda sedikit lebih lambat.
dan Tidak puas dengan PULL email bawaan dari handset anda.

Silakan menggunakan Blackberry Connect.

Dimana saya dapat membeli handset blackberry? apakah harga di Singapore dan hongkong lebih murah?
blackberry
Well, sebenarnya handset blackberry dapat anda beli di vendor telko seperti XL dan indosat (tanyakan pada customer service mereka dimana anda bisa mendapatkannya), anda tidak harus mendapatkan harga lebih murah di singapore atau hongkong, jika dihitung dengan biaya transportasi atau pengiriman, tentu harganya menjadi mahal.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar