Cara Memilih Handphone

Bookmark and Share

Cara Memilih Handphone


Tips Memilih Handphone Musik


Manusia memang tidak bisa dilepaskan dari musik. Karena itu, banyak produsen telepon genggam memproduksi ponsel musik. Dengan banyaknya HP jenis ini, konsumen kadang tak tahu harus memilih yang mana. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik bagaimana cara memilih HP musik yang baik:


Secara umum, hanphone musik yang bagus dicirikan tiga item berikut ini: musik bisa dimainkan lewat telepon genggam, kita bisa membagi musik ke teman lewat hanphone kita, dan musik didownload pengguna secara mudah.


Karena itu, perhatikan berbagai hal berikut ini:


1.Untuk menjamin kita bisa mendengarkan musik dengan mudah, layaknya kita cukup menekan satu tombol ke media player tanpa bersusah-susah menekan menu lain. Musik dalam bermacam format sebaiknya pun bisa dimainkan. Selain itu, kita mudah menggunakan media player di hape tersebut.

2.Pilih hape bermemori 256 MB atau lebih sebab file musik butuh kapasitas penyimpanan yang besar.

3.Pilih juga hape yang baterainya berkualitas baik dengan pengatur daya yang baik. Baterai handphone layaknya berumur panjang.

4.Untuk menjamin mudahnya share musik, perhatikan juga konektivitasnya, seperti kabel data, Bluetooth, infra red, serta internet.

5.Speaker pun sebaiknya pilih good quality sebab seringkali kita senang ndengerin lagu bersama teman-teman.

6.Kemudahan mendownload lagu juga menjadi hal utama. Biasanya, ada toko musik online di hape yang memudahkan kita mendownload lagu dengan harga murah.

7.Lihat juga aplikasi lain yang disediakan. Misalnya: Shake Control untuk mengontrol musik dengan sensor gerak, TrackID untuk mengenali judul lagu

8.Ketersediaan tempat service di Indonesia pun patut dipertimbangkan untuk mengantisipasi bila suatu saat handphone kita rusak

9.Untuk mengantisipasui bila sewaktu-waktu kita ingin ganti hape, pilih handphone yang harga jualnya tinggi




Tips memilih handphone kamera


Dalam memilih handphone berkamera, kebanyakan orang akan mengasumsikan bahwa kamera yang bagus dan menghasilkan foto berkualitas adalah kamera handphone dengan jumlah megapixel besar (misal 5 – 10 megapixel)


Fakta sebenarnya adalah besar angka megapixel pada kamera ponsel memiliki pengaruh kurang penting pada kualitas foto yang dihasilkan; angka megapixel hanyalah satu dari sekian banyak faktor yang membuat hasil foto berkualitas.


Berikut fitur-fitur yang harus ada di handphone kamera :


Resolusi


Diukur dalam megapixel dan memiliki arti jumlah pixel yang terdapat dalam bidang 1 inchi. Biasanya semakin besar angka megapixel maka foto dapat dicetak lebih besar dan jelas. Namun hal ini akan berimbas pada besarnya ukuran file foto dan akan cepat memenuhi memory card ponsel.


Autofokus


Fitur autofokus berfungsi untuk memfokuskan objek tertentu yang ada pada hasil foto. Bila anda memilih kamera tanpa fitur autofokus (fixed focus) kemungkinan besar foto yang dihasilkan akan blur (buram).


Ada kalanya foto akan terlihat memiliki fokus yang tepat saat dilihat dari layar handphone, tapi ketika anda melihatnya dikomputer atau setelah foto diprint anda akan menyadari bahwa sebenarnya hasil foto tersebut blur.

Banyak dari kita menyepelekan fitur autofokus ini, namun bila menginginkan hasil foto yang baik autofokus merupakan fitur wajib.


Frames per second (FPS)


Ponsel kamera menyediakan juga fitur perekam video, dan kamera dengan megapixel besar biasanya akan menghasilkan video dengan kualitas biasa karena merekam dengan fps yang rendah.


Video merupakan kumpulan gambar yang diambil secara berurutan, semakin banyak gambar yang dapat diambil dalam 1 detik maka semakin mulus video yang dihasilkan.

24 FPS adalah nilai minimal yang harus anda pilih, sementara dengan nilai 30 FPS akan menghasilkan video yang berkualitas. Dan sebagai fitur tambahan, periksa juga apakah handphone kamera tersebut dalam merekam dalam format HD (minimal 720 p)


Flash


Untuk pengambilan foto didalam ruangan lampu flash merupakan fitur yang sangat penting.

Ada 3 macam tipe lampu flash, yang terbaik dan juga paling mahal adalah Xenon Flash.

Cahaya yang dihasilkan dari lampu Xenon Flash menghasilkan cahaya +/- 1000 kali lebih terang dari tipe LED, namun Xenon flash memerlukan daya baterai yang lebih besar, yang akan membuat baterai handphone lebih cepat habis.


Pilihan kedua adalah Dual LED Flash. Lampu flash tipe ini menggunakan daya baterai yang lebih hemat tapi cahaya yang dihasilkan kurang terang. Ada juga Single LED Flash, namun cahaya yang dihasilkan sangat redup dan hampir tidak berguna.


Lensa dan sensor kamera


Lensa kamera merupakan faktor kunci dari handphone kamera, lensa yang baik menghasilkan foto yang berkualitas. Bila memungkinkan cari handphone yang menggunakan merek lensa terkenal, contohnya Carl Zeiss.




Sensor kamera, ada dua tipe sensor kamera yaitu CCD (charge coupled device) dan CMOS (complementary metal oxide semiconductor); InfoTeknologi.com menyarankan memilih handphone kamera yang menggunakan sensor CCD, karena hasil foto akan lebih baik dan tajam. Dan biasanya semakin besar ukuran sensor semakin bagus juga hasil fotonya. Sensor yang besar biasanya direfleksikan dari ukuran lensa kamera handphone (semakin besar semakin baik)


White balance, exposure, dan scene mode


White balance membantu pengaturan exposure (bukaan lensa) berdasarkan kondisi cahaya sekitar. Tanpa adanya white balance dan exposure, anda akan mendapatkan hasil foto yang aneh; dimana bila anda menfoto langit biru disiang hari, hasilnya akan menjadi berwarna putih


Scene mode membantu pengaturan exposure kamera sesuai dengan kondisi pencahayaan saat malam, siang hari, berawan, indoor (incandescent dan fluorescent).

Setting ini memudahkan kita mengambil foto yang bagus tanpa perlu mengatur secara manual White balance.


Fitur tambahan lainnya yang perlu dipertimbangkan (opsional):


Face detection, teknologi untuk mengenali wajah dan melakukan fokus di wajah, sehingga foto tidak akan fokus ditengah-tengah gambar.


Cari handphone kamera yang memungkinkan upload foto dan video langsung dari handphone ke situs semacam Faceboo, Youtube atau Picasa.


Image stabilisation, fitur yang berguna bagi mereka yang memiliki tangan yang gemetar saat mengambil foto sehingga hasil foto tidak berbayang


User interface yang mudah, tombol kamera dan penutup lensa kamera merupakan fitur tambahan terakhir yang imammurtaqi.com sarankan.




Tips Memilih Hand Phone Second



Mungkin semua orang pernah mengalami membeli hp second. Pernahkah anda membeli hp second baru beberapa minggu sudah rusak? Mungkin beberapa orang pernah mengalami. Mengapa bisa demikian? karena banyak orang tergiur harganya yang murah, juga melihat dari penampilan hp saja. Banyak alasan orang tertipu dengan perkara tersebut, salah satunya karena tidak tau. Untuk itu saya akan memberikan tips cara memilih hp second yang layak.




» KETERANGAN


Untuk memilih hp second yang baik dan tahan lama memang tidak mudah, tapi ada cara untuk membedakan antara hp bagus dan hp jelek. Sebelum anda membeli hp second lakukan beberapa hal berikut ini:

Cek segel hp dengan membuka housing hp tersebut. Lihat kondisi segel apakah masih utuh atau sudah rusak, apabila segel sudah rusak ada kemungkinan hp sudah diperbaiki, tapi awas jangan terkecoh dengan segel utuh, karena banyak segel buatan. Segel asli hp tersebut biasanya dicantumkan merek hp tersebut, dan segel terlihat mengkilap karena terbuat dari plastic ada hologram nya, apabila dibuka cat gambar tidak terlepas tapi plastic transparan yang terangkat. Untuk hp yang housing nya dibaut, anda bisa melihat segel dibalik baterai.


Cek indikator signal dengan melakukan panggilan ke oprator. Jika waktu panggilan signal naik turun, berarti hp sudah tidak baik atau komponen signal lemah.


Cek baterai dengan melakukan panggilan. Jika melakukan panggilan indicator baterai langsung turun berarti baterai drop atau jelek, bisa juga melihat kondisi bentuk baterai, baterai yang jelek bentuknya terlihat kembung. Apabila demikian kadang komponen hp juga jelek.


Cek temperatur hp dengan memegangi hp tersebut setelah dipakai beberapa menit, rasakan panas yang ditimbulkan hp tersebut. Apabila panas yang anda rasakan terlampau panas berarti hp jelek.


Cek LCD dengan melihat tampilan layar. LCD yang baik terlihat kontras, bening tanpa bercak, tanpa gari-garis vertical maupun horizontal, jika LCD terlihat sebaliknya berarti LCD jelek.


Cek suara pada speaker dan mic dengan melakukan panggilan. Suara lawan bicara harus terdengar bersih tanpa gemerisik atau terpotong-potong, suara kita juga terdengar bagus oleh lawan bicara. Apabila sebaliknya berarti hp atau speaker juga mic jelek.


Cek ringtone dengan menyetel volume level. Suara ringtone harus sesuai dengan volume level, ketika volume level full suara juga terdengar keras dan nyaring. Jika sebaliknya berarti hp jelek.


Cek kamera dengan memotret. Hasil pemotretan harus bagus, tidak ada bercak, tidak ada garis, tidak ada cacat. Jika sebaliknya berarti kameranya sudah jelek.


Pilih tipe hp yang umum, agar suku cadang (spare part) mudah didapat.

Mungkin cukup sekian bahasan tentang tips memilih hp second, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua...


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar