Kebiasaan-Kebiasaan Pasangan Berbahagia

Bookmark and Share
Menurut pakar perkawinan dan penulis buku How to Be a Couple and Still Be Free, Tina Tessina, memiliki ritual yang dilakukan setiap hari bersama pasangan adalah salah satu rahasia untuk menjaga kemesraan perkawinan.

“Kalau Anda ingin hubungan tetap awet, punya kebiasaan harian adalah cara mudah untuk menguatkan ikatan cinta,” katanya.



Berdasarkan survei yang dilakukan sebuah majalah di Amerika terhadap pasangan-pasangan di sana, ada 5 kebiasaan yang selalu mereka lakukan untuk membuat pernikahan mereka langgeng.

Kebiasaan 1: Berbicara satu sama lain

Pasangan menikah yang berbahagia pada umumnya mengatakan hubungan dengan pasangannya menjadi lebih hangat setelah mereka duduk bersama dan berbicara. Sayangnya, banyak pasangan yang mengaku mencuri waktu untuk ngobrol di malam hari saja susah.

Setelah menjalin hubungan atau menikah sekian lama, kita kerap mengira otomatis akan tahu apa yang ada dalam pikiran pasangan. Padahal, bila kita tak meluangkan waktu untuk bicara satu sama lain, bagaimana kedua pasangan bisa saling membuka diri dan mengenal karakter masing-masing? Karena itulah, jangan biarkan curhat menjadi barang langka dalam hubungan Anda.

Kebiasaan 2: Tertawa bersama

Hidup ini sudah cukup serius bukan? Karena itulah Anda dan pasangan perlu memasukkan unsur humor dalam perkawinan agar hati lebih ringan dan rileks. Saling melempar cerita lucu atau mengingat kejadian-kejadian di masa pacaran dulu juga bisa Anda lakukan untuk berbagi tawa dengan pasangan.

Anda juga bisa melakukan hal-hal “konyol” dan kekanak-kanakan bersama pasangan untuk mengulang masa-masa pacaran yang tanpa beban. “Kalau Anda tak bertingkah konyol dengan suami, lalu dengan siapa lagi?” kata Tessina.

Kebiasaan 3: Jaga keintiman

Pasangan yang sama-sama bekerja dan hidup di kota besar sering kali kehabisan energi untuk menikmati waktu berduaan dengan pasangan. Survei yang dilakukan tim peneliti dari University of Chicago pada tahun 1994 terhadap suami isteri di AS menunjukkan, mayoritas responden mengaku melakukan hubungan seksual dengan pasangannya hanya seminggu sekali.

Jangan biarkan hubungan Anda dan pasangan menjadi monoton dan rutin. Melakukan kemesraan spontan bisa jadi salah satu cara untuk menjaga keintiman hubungan. Jangan segan untuk mengekspresikan cinta Anda lewat genggaman tangan, pelukan, atau ciuman. Sentuhan-sentuhan kecil yang dilakukan setiap hari akan lebih mendekatkan hati dan tentu saja mengobarkan gairah.

Kebiasaan 4: Lakukan hobi

Mengurus rumah dan pekerjaan kantor setiap hari lama-lama bisa menjadi rutinitas yang membosankan. Untuk menyiasatinya, luangkan waktu untuk berkumpul dengan para sahabat dan melakukan hobi Anda sendiri, atau dengan kata lain, lakukan me time. Pikiran yang plong dan hati yang ringan akan berdampak pada sehatnya hubungan Anda dan pasangan.

Kebiasaan 5: Ibadah bersama

Dalam survei yang dilakukan peneliti dari Universitas Chicago, AS, terhadap pasangan menikah, 75 persen mengatakan, mereka yang punya kebiasaan berdoa bersama pasangan mengaku memiliki perkawinan yang “sangat bahagia”. Beribadah bersama pasangan diyakini mampu meningkatkan rasa respek satu sama lain dan melancarkan komunikasi.


Ref:
- kompas.com
- kampungtki.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar