Manfaat Lain dari Coklat

Bookmark and Share
Cokelat sering dituding sebagai penyebab masalah kesehatan, mulai dari jerawat, karies gigi, hingga obesitas dan kolesterol. Kini, banyak penelitian dari seluruh dunia yang mengungkap berbagai manfaat kesehatan mengonsumsi cokelat. Tentunya ada batasan jumlah yang boleh dikonsumsi setiap hari (50 gram/hari/orang). Selain itu, selektiflah dalam memilih jenis coklat yang dikonsumsi karena tidak semua baik untuk kesehatan.

Seperti kita tau coklat dapat menurunkan tekanan darah dan menekan kadar kolesterol jahat LDL. Oleh karena itu dapat mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu, coklat mengandung antioksidan dalam jumlah besar sehingga dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas. Coklat juga merupakan sumber mineral bagi tubuh. Coklat mengandung potassium, fosfor, zink, tembaga, dan mangan, yang kesemuanya merupakan elemen penting yang dibutuhkan tubuh kita.




Di antara sekian banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi coklat, satu yang amat melegakan bagi kaum hawa adalah kemampuannya mencegah kanker payudara (selain juga dapat mencegah kanker yang lainnya). Dr. John Ashton, Ph.D dalam bukunya yang berjudul “A Chocolate A Day Keeps The Doctor Away” menyatakan bahwa lemak dalam coklat dapat membantu melindungi kita dari kanker payudara. Sepertiga dari lemak yang terdapat dalam coklat adalah asam oleat, jenis yang sama dengan yang ditemui pada minyak zaitun. Telah diketahui bahwa pada negara-negara Mediterania dimana konsumsi minyak zaitun tinggi, tingkat kanker payudaranya jauh lebih rendah.

Coklat ternyata juga turut menyumbang manfaat yang berkaitan dengan kelestarian bumi kita! Selama bertahun-tahun, kebanyakan coklat ditanam di perkebunan. Belakangan, para produsen coklat menyadari bahwa coklat terlezat adalah yang tumbuh di bawah payung pepohonan hutan hujan. Hal ini pun menuntun pabrik-pabrik coklat untuk aktif berkampanye menentang penebangan hutan hujan dan menjaga kelestarian ekologi hutan hujan. Tidakkah menyenangkan bila dengan menikmati sepotong coklat setiap harinya dapat membantu melestarikan hutan hujan di Bumi kita? Semakin besar tingkat konsumsi coklat dunia, maka akan semakin banyak pula pohon coklat yang ditanam untuk menghasilkan buah coklat. Dengan demikian, bumi kita akan semakin hijau! Nah, itu artinya dengan mengkonsumsi coklat kita bisa turut melestarikan bumi dan secara tidak langsung mengurangi efek pemanasan global. Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.


Ref:
- www.metrotvnews.com
- kapanlagi.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar