Manfaat Cuka (Sungguh Luar Biasa)

Bookmark and Share
Sejak 10 ribu tahun silam, orang-orang kuno telah menemukan sebuah produk yang bisa mengubah kehidupan mereka. Cairan yang diakui banyak akal ini dimanfaatkan oleh orang Babilonia, Yunani kuno, dan Roma sebagai pengawet.


Beberapa orang, termasuk warga Cina percaya cairan tersebut merupakan tonik yang bisa memberikan kekuatan dan vitalitas. Sebuah legenda kuno mengatakan kaum Hannibal berhasil menjelajahi pegunungan Alpen karena para petualangnya berhasil menghancurkan batuan besar dengan cairan ajaib tersebut, sehingga jalanan yang ada jadi mudah dilalui. Cairan yang dimaksud adalah cuka.

Ada banyak macam cuka di muka bumi ini, semuanya dibikin melalui proses oksidasi alkohol yang diubah menjadi asam asetat. Namun dari semua jenis cuka, cuka putihlah yang paling banyak akalnya, selain itu ramah lingkungan pula.



Apa saja sih manfaat unik yang dimiliki cairan asam putih tersebut bagi dapur ibu? Kita simak bersama yuk

* Tambahkan beberapa sendok makan cuka ke dalam air saat merebus telur agar bagian putih telurnya bisa tetap dalam kondisi 'rapi'. Cuka dalam air rebusan telur juga bisa mencegah melubernya putih telur akibat retaknya cangkang.

* Rendam sayuran layu ke dalam air dingin dengan tambahan sedikit cuka agar sayur kembali segar.

* Setelah memotong bawang, Anda bisa menghilangkan bau bawang dari tangan dengan menggosoknya dengan sedikit cuka.

* Saat memasak aneka sayuran mulai dari kubis. brokoli, hingga kembang kol, tambahkan sedikit cuka ke dalam air untuk menguatkan rasa dan mengurangi gas yang terbentuk. Cara ini juga berlaku saat memasak aneka kacang-kacangan.

* Saluran cuci piring bisa kembali bersih dan wangi dengan mencampurkan cuka dengan baking soda (perbandingan seimbang). Masukkan campuran tersebut ke dalam saluran dan diamkan beberapa menit, setelah itu baru siram saluran dengan air hangat.

* Uap yang terbentuk dari didihan air bercampur cuka juga bisa mengendurkan sifat lengket pada kue atau makanan, serta menghilangkan bau tak sedap pada bagian dalam microwave.

* Untuk membasmi lalat buah, beri sedikit cuka pada beberapa buah yang telah dilumat, tutupi dengan plastik yang telah diberi beberapa lubang. Saat lalat masuk ke dalam plastik, maka ia akan terjebak dan tidak bisa keluar dari 'onggokan buah cuka' tersebut.

* Jika ada gelas-gelas yang tampak berembun setelah dicuci, maka bungkus gelas dengan kain yang telah direndam ke dalam cuka sebelumnya. Diamkan beberapa saat hingga embun tersebut hilang.

* Cuka juga bisa untuk membersihkan lantai dapur (dan lantai mana saja), caranya tuang cuka dan diamkan sejenak, lalu gosok lantai bernoda dengan sikat gigi.

* Noda bekas air pada peralatan masak kayu bisa dihilangkan dengan menggosokkan campuran cuka dan minyak sayur (perbandingan sama) dengan butiran kasar.

Dari bacaan di atas, siapa yang bisa menyangka bahwa cairan macam cuka memiliki banyak manfaat yang lebih dari sekedar menciptakan rasa nikmat pada acar?



(Ref: www.metrotvnews.com)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar