Arti Suara pada Pria

Bookmark and Share


a. Pria Kebanyakan Pendiam

Kenapa pria kebanyakan pendiam?
Ooo, ternyata ini berhubungan dengan kemampuan berbahasanya. Menurut penelitian anak laki-laki memang cenderung lebih sulit mempelajari kemampuan bahasa.

Maka itu peneliti di Michigan State University menegaskan mengajarkan kemampuan bahasa pada anak laki-laki lebih penting ketimbang perempuan. Tujuannya agar dapat membantu mengembangkan kontrol diri dan akhirnya membantu anak berhasil di sekolah.

"Hal ini menekankan bahwa orangtua sebaiknya lebih banyak menggunakan kata-kata untuk membantu perkembangan anak laki-lakinya," jelas Claire Vallotton, asisten profesor perkembangan anak di Michigan State University, dilansir Sciencedaily, Kamis (4/11/2010).

Menurut Vallotton, anak laki-laki perlu mendapatkan perhatian ekstra dari penyedia perawatan anak dan guru untuk membantunya membangun keterampilan bahasa dan menggunakan keterampilan-keterampilan untuk mengatur emosi dan perilaku.

"Kemampuan bahasa memiliki dampak yang lebih besar pada anak laki-laki, tetapi kebanyakan anak laki-laki cenderung lebih sulit mempelajari bahasa," jelas Catherine Ayoub dari Harvard Medical School.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, pria dan wanita memang berpikir dengan cara yang berbeda. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan anatomi otak antara pria dan wanita.

Otak terdiri dari dua jenis jaringan utama, yaitu yang disebut dengan materi abu-abu (gray matter) dan materi putih (white matter).

Penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya pria memiliki materi abu-abu 6,5 kali lebih besar dari wanita, sedangkan materi putih wanita 10 kali lebih besar dari pria.

Materi abu-abu merupakan komponen utama sistem saraf pusat, terdiri dari sel saraf tubuh, neuropil (dendrit serta akson un-myelin dan myelin), sel-sel glial (astroglia dan oligodendrocytes) dan kapiler yang bisa diibaratkan sebagai prosesor pada komputer.

Sedangkan materi putih sebagian besar terdiri dari akson myelin (zat lemak putih) yang merupakan jalur transmisi utama sistem saraf.

Inilah sebabnya mengapa pria cenderung lebih unggul pada bidang yang membutuhkan proses lokal seperti matematika. Sementara wanita lebih unggul pada bidang integerasi dan asimilasi (penyesuaian) informasi seperti kemampuan bahasa.


b. Suara Bisa Prediksi Kekuatan Pria

Tipe suara pria bisa bermacam-macam, keras, cempreng ataupun ngebass. Peneliti mengungkapkan suara bisa melambangkan kejantanan, karena suara bisa memprediksi kekuatan pria yang sebenarnya.

Hasil penelitian dari Proceedings of the Royal Society B menemukan bahwa kekuatan tubuh pria secara akurat dapat dinilai berdasarkan suaranya.

Penelitian yang dilakukan pada empat populasi (baik pria maupun wanita) dari kelompok bahasa berbeda ini, mencatat ukuran dan kekuatan tubuh partisipan dalam setiap kelompok. Partisipan juga melaporkan berapa banyak perkelahian yang pernah dilakukannya selama 4 tahun terakhir.

"Suara bisa melambangkan kekuatan dalam pertarungan fisik," ujar Santa Barbara, peneliti dari University of California, seperti dilansir dari CNN, Senin (5/7/2010).

Penelitian ini menemukan bahwa untuk sampel data yang tersedia, semakin tinggi suara pria, ternyata semakin besar kemampuannya dalam perkelahian, yang dilaporkan dalam empat tahun tahun tersebut.

Selain itu, terlepas dari bahasa yang digunakan dalam sampel berbicara, prediksi yang akurat untuk kekuatan fisik berlaku untuk partisipan pria, tetapi tidak untuk partisipan wanita.

Hasil ini mendukung ide bahwa suara manusia, khususnya suara pria, memiliki tanda-tanda kekuatan fisik, dan manusia telah berevolusi untuk dapat memprediksi kemampuan berkelahi berdasarkan isyarat ini.

Hal ini memiliki manfaat besar bagi nenek moyang manusia sejak zaman dahulu kala. Suara dijadikan informasi agar dapat bertahan hidup, yaitu dengan memilih orang-orang yang dapat bertarung dan bersaing dalam sebuah pertempuran demi melindungi kelompoknya.


*****
Ref: www.detikhealth.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar