Daftar 10 Negara dengan Devisa Terbesar Didunia Saat Ini

Bookmark and Share
Kita semua tahu bahwa arti penting Devisa bagi suatu negara. Negara dengan Devisa yang besar berarti memiliki modal besar untuk kemajuan negaranya. Tahukah kamu Negara mana saja yang memiliki cadangan devisa paling besar di dunia?

Penasaran kan....???

Nah ini dia urutannya (dikutip dari rediff.com):

1. China
Pertumbuhan Ekonomi Cina : Shanghai
Negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tercepat serta populasi terbesar di dunia ini mencetak rekor sebagai negara dengan cadangan devisa paling banyak di dunia. Total cadangan devisa China sebesar US$2,65 triliun pada akhir September 2010.

Menurut People's Bank of China, kepemilikan mata uang asing naik US$194 miliar. Perdagangan China mencetak surplus dan aliran dana investasi juga menaikkan cadangan devisa, naik 16,5 persen pada akhir September.


2. Jepang

Cadangan devisa Jepang juga mencatat rekor baru yaitu US$1.110 triliun di akhir September 2010. Cadangan devisa Jepang tumbuh US$39,44 miliar dalam empat bulan terakhir. Padahal selama November 2009, cadangan devisa Jepang dibawah US$1.074 triliun.


3. Rusia

Red Square, salah satu objek wisata tersohor di Rusia
Cadangan emas dan mata uang asing Rusia justru turun ke US$495,6 miliar pada akhir Oktober dari US$498,7 miliar. Meski begitu, negara yang dikenal sebagai pengekspor sumber daya alam papan atas dunia ini menempati posisi ketiga sebagai negara dengan cadangan devisa terbesar.


4. Saudi Arabia

Jam Gadang baru di Kota Suci Mekah, Arab Saudi Negara kaya asal Timur Tengah ini rupanya mempunyai cadangan devisa US$ 410,3 miliar pada Desember 2009. Saudi dikenal sebagai salah satu negara ekspor minyak mentah terbesar di dunia.


5. Taiwan
Cadangan devisa Taiwan naik dalam 24 bulan berturut-turut dan mencatat rekor tertinggi pada Oktober di level US$383,84 miliar. Angka ini naik US$3,33 miliar dari bulan sebelumnya.


Pertumbuhan ekonomi Taiwan dalam dekade setelah Perang Dunian II telah mengubahnya menjadi salah satu dari empat macan Asia ini.

6. India

Taj Mahal, India Negara dengan cadangan devisa US$300 miliar itu menciptakan rekor pertama kali sejak 2008 dengan tambahan US$2,2 miliar dalam mata uang asing. Kenaikan hingga US$300,21 miliar (per November 2010) itu menempatkan India sebagai negara yang atraktif sehingga dapat menarik dana US$35 miliar dalam pasar modal. Cadangan devisa India sebelumnya menyentuh US$300 miliar pada Maret 2008, sebelum terjadi perlambatan global pada September 2008.

7. Korea Selatan

Pemandangan kali Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan Cadangan devisa Korea Selatan sebesar US$293,35 miliar pada Oktober 2010 mencetak rekor tertinggi. Berdasar Bank of Korea (BOK), cadangan devisa pada Oktober naik US$3,57 miliar dari US$289,78 miliar pada akhir September.

8. Brazil

Pemandangan salah satu pantai di Brasil Jika beberapa negara mencatat rekor cadangan devisa, tak terkecuali Brazil. Cadangan devisa Brazil sebesar US$271,472 miliar. Angka itu adalah angka tertinggi yang pernah tercatat di negeri Samba itu.

9.Hongkong

Hong Kong Cadangan devisa Hongkong naik pada Oktober dibanding bulan sebelumnya. Total cadangan devisa Hongkong sebesar US$267 miliar pada Oktober, naik dari US$266,1 miliar pada bulan sebelumnya. Pada tahun sebelumnya, total cadangan devisa sebesar US$240,1 miliar.
heri susanto:


10. Swiss

Jenewa, Swiss Swiss, salah satu negara kaya di dunia dan negara dengan tujuan investasi yang ramah mempunyai cadangan devisa US$249,5 miliar pada Agustus 2010. Keterbukaan terhadap perdagangan global dan investasi memungkinkan Swiss menjadi negara dengan ekonomi paling kompetitif dan fleksibel. (hs)


Sumber: rediff.com

*****
Ref • VIVAnews

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar