Tips Sukses Lulus Tes Psikotes (Untuk Penerimaan Pegawai)

Bookmark and Share
Seperti tahun-tahun sebelumnya, biasanya pemerintah menggunakan berbagai macam tes untuk menyaring ribuan pelamar pada tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Termasuk didalamnya psikotes. Dengan psikotes diharapkan dapat menghasilkan pelamar yang berkualitas dan memenuhi kualifikasi pada berbagai posisi yang tersedia.

“Oleh karena itu, posisi psikotes dalam seleksi pegawai negeri sipil dianggap penting,” papar Pramitra Gayatri dalam buku Taklukkan Tes CPNS & BUMN. Dalam buku terbitan Daras Books tersebut, Pramita menjelaskan, psikotes merupakan serangkaian tes yang bertujuan mendapatkan data-data tertentu dari kondisi psikologis seseorang. Kondisi psikologis ini diwakili oleh jawaban para peserta psikotes atas soal-soal yang di antaranya meliputi pengetahuan umum, logika, daya ingat, daya tahan, ketelitian, dan analisis.


Psikotes yang lazim digunakan dalam tes CPNS adalah jenis achievement test, yaitu untuk melihat pencapaian maksimal dalam diri seseorang.

a. Apa yang perlu dipersiapkan agar sukses mengikuti psikotes?

Perlu kamu ingat, psikotes tidak menguji apakah seseorang pintar atau bodoh. Psikotes juga tidak menjamin kesuksesan seseorang. Jadi, hal paling utama yang perlu kamu lakukan ketika akan menghadapi psikotes adalah bersikap tenang. Menurut Pramita, rasa cemas yang berlebihan justru akan menimbulkan mental blocking. Kondisi ini akan menyebabkan penampilanmu lebih buruk dari yang seharusnya. “Hal itu tentu saja bisa merugikanmu,” tulis Pramita dalam buku setebal 98 halaman tersebut.


Pramita memberi beberapa kiat dalam menghadapi psikotes. Dia menyarankan, agar kamu cukup istirahat dan tidak bergadang minimal sehari sebelum menghadapi psikotes.

Selain itu, sebaiknya kamu juga menyiapkan alat tulis yang dibutuhkan untuk psikotes seperti papan dada, pinsil 2b, rautan, penghapus, penggaris, dan pulpen. Perlu diingat, penggunaan kalkulator tidak diperbolehkan dalam psikotes, jadi kamu tidak perlu membawanya.


Selanjutnya, bekerja secermat mungkin. Sebab, psikotes biasanya dibagi ke dalam beberapa bagian yang dibatasi oleh waktu. Cermat juga berarti mengerjakan tes sesuai instruksi. Karena itu, dengarkan instruksi tester dengan seksama, dan bertanyalah jika ada yang tidak kamu pahami. “Jangan bertanya ketika mengerjakan tes karena akan mengurangi waktumu mengerjakan soal,” pesannya.


Selain itu, kamu juga bisa berlatih menggunakan berbagai soal psikotes yang tersedia di berbagai sumber. Meski tidak persis sama, soal-soal psikotes umumnya sejenis. Jadi, menurut Pramita, semakin sering kamu latihan, semakin banyak bekal yang kamu miliki.

Selama psikotes, sebaiknya semua alat komunikasi dimatikan agar tidak mengganggu konsentrasimu. Yang tidak kalah penting, berdoalah sebelum tes dimulai agar kamu diberikan kelancaran dalam mengerjakan semua soal.





b. Tips Agar Sukses dan Lulus Menghadapi Psikotest

Inilah tujuh langkah persiapan menghadapi psiko test psikotes dari Consultant HR.

1. Tetapkan waktu untuk melakukan latihan menjawab soal-soal dalam test. Terutama untuk test tes kemampuan, Anda diharapkan berlatih banyak. Semakin banyak Anda berlatih menjawab soal, semakin terlatih otak dan tangan dalam menghitung atau mengasosiasikan kata.

2. Kumpulkan bahan latihan soal yang cukup. Banyak buku yang dapat membantu Anda dalam berlatih test tes ini.

3. Mulailah program latihan Anda. Sangat baik bagi Anda memiliki pengalaman menjawab soal dibanding menjawab soal tanpa latihan sama sekali. Menganggap remeh latihan, menyebabkan Anda mengurangi kesempatan Anda sendiri.

4. Pastikan Anda mengetahui jenis tes yang Anda hadapi. Untuk psiko test tes yang dilakukan dari pagi hingga sore hari dipastikan Anda akan menghadapi berbagai tipe tes. Mulai dari tes kecerdasan hingga tes kepribadian. Jadi sangat penting Anda berlatih semua tipe test tes tersebut.

5. Selalu motivasi diri Anda sendiri. Saat berlatih, fokuskan juga diri Anda untuk memperbaiki kelemahan.

6. Tantang diri Anda untuk mengerjakan latihan soal hingga selesai dan lanjutkan ke bagian yang lebih sulit. Dengan demikian Anda memiliki banyak referensi bentuk tes test yang akan berguna bagi Anda.

7. Gunakan strategi yang jitu saat tiba hari-H. Misal, datang minimal 15 menit sebelum mulai. Cermati contoh soal dan instruksi yang diberikan. Sering-sering mengecek sisa waktu yang tersedia saat mengerjakan test tes.


c. Download Soal-Soal Tes CPNS (Lengkap)

Seperti kita ketahui seleksi CPNS selalu ditempuh dengan berbagai tes, nah bagi calon peserta sudah menjadi keharusan untuk dapat mengerjakan tes tersebut. Berikut ini sengaja ww [dot] com berikan buat kamu kumpulan Soal-Soal Tes CPNS, yang mana soal-soal tersebut dapat kamu download untuk kemudian kamu pelajari secara Gratis.

Berikut alamat serta link downloadnya yang terbagi kedalam sub-sub materi tes sesuai dengan yang diujikan dalam seleksi penerimaan CPNS.







*****
Ref:
- okezone,
-
unik13.info
- consultanthr.com


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar