Cara Membuat Peta Digital untuk GIS (Secara Online dengan Aplikasi Umapper)

Bookmark and Share
Artikel kali ini saya berikan untuk rekan-rekan yang sekolah, kuliah atau bekerja pada bidang Geografi, Planologi, maupun konsultan pembangunan wilayah secara umum.

Sebelumnya kita tentu tahu apa itu Peta kan? Nah dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja yang berhubungan dengan hal itu ternyata sampai saat ini masih terdapat banyak kendala bagi sebagian orang untuk membuat peta digital, khususnya yang spesifik dalam kaitannya dengan aplikasi Sistem Informasi Geografi (SIG) atau istilah asingnya Geographic Information System (GIS).

Pembuatan peta digital untul aplikasi GIS secara konvensional berkutat dengan berbagai grafis, data, dan peta yang konon bikin ribet. Tapi tahukah anda bahwa sekarang anda bisa membuat sebuah peta digital untuk GIS dari yang sederhana sampai yang profesional hanya dengan beberapa kali klik mouse.

Penasaran kan bagaimana caranya?

Kalau kamu memang sedang mencari hal ini, maka tepat sekali jika kamu membaca ini dan tidak rugi mengunjungi situs ww[dot]com ini.


Langsung saja saya perkenalkan sebuah aplikasi yang namanya Umapper. Umapper yang beralamat di http://www.umapper.com/ adalah penyedia layanan peta digital online.

Aplikasi Umaper selain menyediakan layanan pembuatan peta berbayar juga menyediakan versi gratis/free. Selain itu, yang sangat menguntungkan adalah kemudahan pengoperasiannya serta tampilan yang simpel tetapi cukup memadai untuk membuat sebuah tampilan pemetaan yang lengkap.

Berikut beberapa kemudahan yang dapat kamu rasakan setelah menggunakan aplikasi ini :

1. Pembuatan peta bisa menggunakan layanan Google Maps, Bing Maps, YahooMaps dll, terserah sesuai kemauan anda.

2. Bisa menggunakan Peta Sendiri ( Kostumisasi) dalam bentuk JPG/BMP

3. Kemudahan menambahkan informasi kedalam peta yang dapat ditampilkan ketika objek di klik.

4. Data dapat di eksport kedalam bentuk KML file, yang dapat ditampilkan dalam aplikasi Google Eart.

5. Ada fasilitas untuk Embed (menempelkan) kedalam halaman web site yang kita buat.

Mungkin masih banyak fasilitas dan kemudahan yang lain, yang jelas secara umum software ini benar-benar membuat terobosan jitu dalam memberikan kemudahan pembuatan aplikasi pemetaan/GIS.

Nah silakan bagi anda yang mau serius, dengan sedikit usaha anda dapat membuat sebuah peta, atau bahkan aplikasi pengembangan dari itu yang memberikan informasi dengan peta plus dengan tampilan yang representatif.

Selamat mencoba :)


*****
Ref: budi.web.id, www.umapper.com.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar