SEO Contest - Just For Fun

Bookmark and Share
Seiring perkembangan dunia teknologi informasi di Indonesia, juga dengan makin memasyarakatnya penggunaan internet, sudah barang tentu makin banyak juga konten-konten internet di Indonesia.

Saya bukan ingin membahas berbagai macam konten diinternet, namun saya hanya ingin mengulas sedikit tentang salah satu konten yang mungkin menjadi favorot bagi para blogger, yaitu kontes blog atau kontes SEO, dan sebagainya.

Pada saat menulis posting saya kali ini, saya sedang tertarik dengan SEO Blog Contest, kenapa? bukan karena saya sedang mendalami SEO sebenarnya, namun lebih karena saat ini sedang diselenggarakan SEO Toyota Award 2010, dengan tema Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia, kemudian dari IDwebhost juga sedang menyelenggarakan kontes serupa dengan tema IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia.

Tanpa bermaksud berharap lebih dari kontes ini, namun secara jujur saya katakan bahwa saya ikut meramaikannya, alasannya jelas selain untuk meningkatkan kemampuan menulis saya, juga sebagai wujud rasa persaudaraan sesama blogger untuk aktif dan berkomunikasi dalam berbagai event seperti itu. Namun, mengingat masih minimnya kemampuan SEO saya, maka bagi saya dapat ikut berperan saja sudah lebih dari cukup bagi saya secara pribadi.

a. Tentang Kontes SEO Toyota

Tema sekaligus kata kunci Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia dipilih oleh Toyota Indonesia tentunya bukan tanpa alasan, selain sebagai ajang promosi, kemudian sebagai ajang membidik pasar online dengan keyword-nya, juga kontes ini diadakan sebagai bagian dari eksisnya Toyota Indonesia.

Buat semua saja yang belum tahu tentang kontest tersebut silahkan kunjungi http://www.toyota.astra.co.id/seoaward2010, calon peserta saya sarankan membaca dulu semua peraturan, kriteria, dan informasi lain dalam lomba agar tidak terjadi kesalahan dalam mengikutinya. Dan pesan saya, setelah mendaftar usahakan anda menulis artikel dengan sepenuh hati, tidak usah jiplak sana-sini, dan yang paling penting segera maksimalkan SEO blog/situs anda.


b. Tentang Kontes Review IDwebhost

Kontes ini sebenarnya bukan kontes SEO murni, karena penekanan penilaian justru pada kualitas tulisan/review dari para peserta. Namun dengan catatan mereka tentang nilai yang lebih baik itu ditentukan oleh semakin mudahnya artikel itu ditemukan, maka ada indikasi bahwa hasil peringkat di search engine juga ikut menentukan.

Syarat-syarat mengikuti kontes dari IDwebhost diantaranya adalah : Peserta menulis sebuah artikel dengan tema " IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia ", kemudian artikel yang diikutsertakan dalam kontes belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan masih banyak syarat ketentuan lainnya. Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini.




Nah...
Terkait dengan memaksimalkan SEO blog/situs, kali ini saya cuma bisa cuplikkan sedikit tips-trik dari seokita.com tentang Optimalisasi SEO untuk kontes blog, silahkan simak uraian lengkapnya:

Search Engine for fun – SEO Contest

Salah satu blog contest paling menarik adalah SEO Blog contest .
Biasanya ini dilakukan untuk fun saja dan benefit yang sebenarnya ke blog yang menyelenggarakan contest sendiri sangat minimal. (Kecuali menjadi bahan perbincangan dan mendapat beberapa backlink dengan anchor word SEO jika strukturnya tepat).

Aturan dalam SEO blog contest

Pihak penyelenggara SEO blog contest akan menentukan tema yang akan dikompetisikan. Untuk menyamakan start point semua contestan, sebaiknya memilih tema yang kurang terkenal atau beberapa tema yang belum pernah ada dimanapun di Internet. (Jikalau memang ada, sebaiknya tema tersebut memiliki kemunculan yang minimal).
Ini untuk memastikan para contest tan yang sudah secara aktif menggunakan metode-metode SEO untuk merangking tema tersebut akan mendapatkan site atau blognya masuk dalam daftar beberapa hasil pencarian di search engine.

Kriteria kunci untuk menang dalam tipe blog contest seperti ini adalah memperoleh posisi rangking tertinggi untuk tema pencarian tertentu yang dilombakan di search engine yang telah di tentukan. Search engine ini harus ditetapkan sejak awal sebagai persyaratan utama, karena search engine yang berbeda akan meminta strategi SEO yang berbeda pula. Umumnya, hasil pencarian untuk blog penyelenggara contest akan diabaikan dan backlink yang tercipta untuk contest tersebut akan membantu blog penyelenggara terangking untuk tema-tema yang tersebut.

Aturan tambahan yang dapat ditambahkan agar kompetisi menjadi lebih fair (atau untuk mereka yang tidak ingin blognya terganggu dengan tema-tema kabur yang dilombakan) adalah bagi setiap partisipan agar membuat blog baru di domain yang baru (biasanya disini ada kesempatan untuk mendapatkan domain yang mengandung kata kunci) atau menggunakan free blog platform seperti WordPress atau Blogspot untuk bergabung dalam contest .

Pemilihan time frame SEO contest

Waktu yang dibutuhkan untuk SEO contest normalnya akan lebih lama dari pada blog contest . Minimal waktu terbaik untuk SEO contest adalah 1 bulan, karena waktu tersebut cukup bagi para partisipan untuk melakukan berbagai eksperimen SEO juga cukup bagi search engine untuk melakukan crawl dan menunjukkan relevansi untuk blog atau site.

Hadiahnya?

Para partisipan yang bergabung dalam SEO blog contest umunya orang-orang yang suka tantangan dan tidak terlalu memperhatikan akan besarnya hadiah. Terkadang kesempatan untuk menunjukkan kemampuan dan menjadi lebih terkenal sudah cukup meskipun hadiah yang didapat cuman recehan dan beberapa backlink.

Tapi jika niatan menyelenggarakan contest adalah untuk mendapatkan meningkatkan traffic dan efek yang heboh, hadiah yang banyak dan interaktif dapat menarik lebih banyak peserta. Seperti SEO contest SEO NooB dimana ada banyak kategori hadiah yang diperebutkan (dan daftar hadiah semakin banyak bersamaan dengan semakin banyak sponsor yang bergabung).

Apa yang didapat para partisipan contest SEO?

Dengan tingkat kompetitif SEO yang natural untuk tema-tema yang dikompetisikan, akan sangat sulit untuk melihat progress dari pengetahuan SEO kita. Jika mengukur skill SEO atas tema-tema dengan tingkat kompetitifnya tinggi dan kita dengan cepat terlempar keluar, ada baiknya melihat kebelakang kemampuan kita.
(Ref: seokita.com)

Semoga bermanfaat dan saya ucapkan selamat ber-kontes ria buat para blogger Indonesia !!!
Salam.

*****

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar