Masalah Jerawat dan Solusi Mengatasinya

Bookmark and Share
Masalah Jerawat dan Solusinya


a. Sekilas tentang jerawat

Kita semua tentu sudah tahu apa itu jerawat. Ya, jerawat atau dalam bahasa bule nya kita kenal dengan Acne, menurut wikipedia.org Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceous gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.

Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 85% populasi mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun, 15% populasi mengalaminya hingga usia 25 tahun. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun, nah lo.

Penyebab timbulnya jerawat :

   1. Produksi kelenjar minyak terlalu aktif
   2. Penyumbatan pori-pori
   3. Inveksi bakteri

Jenis-jenis jerawat :

   1. Komedo, adalah pori-pori yg tersumbat, bisa terbuka atau tertutup.
   2. Jerawat biasa, berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.
   3. Jerawat batu, Inilah `godfather’nya jerawat, yang paling merusak tidak hanya secara fisik, tapi juga kepercayaan diri.

Cara lama menyembuhkan jerawat  :

   1. Memakai obat jerawat. Hanya mematikan bakteri yang bersifat sementara
   2. Memakai berbagai produk kebersihan wajah. Membersihakn wajah memang baik. Tapi bukan berarti terbebas dari jerawat bukan?
   3. Pergi ke dokter spesialis. Harga nya sangat mahal dan membuat ketergantungan.
   4. Facial/Masker. Banyak orang yang pori-porinya malah semakin terbuka, dan menyebabkan wajah menjadi berlubang (bopeng) bahkan setelah 1-2 bulan tidak melakukan facial.

b. Bagaimana cara menyembuhkan jerawat yang benar

Tahukah Anda bahwa KUNCI dan RAHASIA TERBESAR mengapa orang berjerawat BUKAN terletak pada faktor makanan, obat ataupun perawatan kecantikan.
 
Masalah jerawat kronis merupakan salah satu masalah kulit yang cukup sulit diatasi. Bahkan ratusan produk perawatan pun kadang tidak memberikan solusi. Masalah jerawat ini tidak hanya bisa dilakukan dengan hanya mengandalkan produk perawatan saja. Anda juga harus ikut berperan aktif dalam memberantasnya.

Berikut ini langkah-langkah perawatan yang harus Anda lakukan seiring dengan menggunakan obat jerawat, seperti yang dikutip dari carefair:
 
a. Cuci wajah

Mencuci wajah merupakan hal paling dasar yang tidak boleh ditinggalkan. Cucilah wajah Anda setiap pagi dan malam hari. Melewati rutinitas ini akan membuat minyak dan kotoran amsuk ke dalam lapisan kulit untuk menginfeksinya yang akhirnya menimbulkan jerawat.

Cuci wajah Anda dengan formula yang khusus untuk memberantas jerawat. Biasanya sabun ini mengandung dua persen asam salisilat untuk memastikan pori-pori benar-benar bersih.

b. Pelembab

Setelah mencuci wajah di pagi hari, pastikan lindungi wajah dengan pelembab yang berlabel "noncomedogenic" atau "oil-free" untuk menghindari kotoran menempel di kulit. Gunakan pelembab pada malam hari ini hanya jika kulit Anda sangat kering.

c. Perawatan malam

Setelah membersihkan muka di malam hari, gunakan produk perawatan jerawat Anda. Pastikan produk tersebut tidak mengandung benzoyl peroxide lebih dari 2,5 persen. Benzoyl peroxide mengurangi jerawat akibat bakteri dan membuat kulit beristirahat tanpa memproduksi banyak minyak. Untuk jerawat yang besar, gunakan pula produk ini di pagi hari, namun jangan menggunakannya lebih dari dua kali dalam satu hari untuk menghindari kemerahan pada wajah.

d. Scrub

Hindari penggunaan scrub yang kasar karena dapat memecah jerawat dan menyebabkan infeksi atau membuat jerawat lebih banyak.

e. Riasan

Riasan Anda bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Oleh karena itu, pastikan Anda membersihkan wajah sesering mungkin setelah penggunaan riasan dan pastikan wajah benar-benar bersih dari sisa riasan. Bersihkan juga kuas riasan Anda secara rutin. Kuas riasan bisa menjadi salah satu sumber kuman yang menyebabkan wajah berjerawat.


*****
Ref: Dari Berbagai Sumber

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar