Definisi Arti Blog (Menurut Berbagai Sumber)

Bookmark and Share
Apa itu blog?

Jika Anda membaca judul ini Anda mungkin bertanya-tanya, pertanyaan macam apa sih itu? (Padahal saya yakin belum banyak yang tahu apa arti blog, walalupun mungkin dia sudah sering nge-blog) :-)

Ada beberapa jawaban yang saya dapat berikan mengenai pengertian blog ini dari mulai dari yang luas hingga yang sangat teknis dan terinci. Berikut beberapa definisi blog dari banyak ahli seperti tercantum dibawah ini:

‘Sebuah weblog adalah hirarki teks, gambar, objek media dan data, yang tersusun secara kronologis, dan dapat dilihat dalam browser HTML.’ (Ref: Harvard University).

‘Sebuah blog adalah situs web yang item diposkan secara berkala dan ditampilkan dalam urutan kronologis mundur. Istilah blog adalah singkatan dari weblog atau web log. Mengarang blog, memelihara sebuah blog atau menambahkan artikel ke blog yang sudah ada disebut “blogging“. Masing-masing artikel pada sebuah blog disebut “tulisan blog”, “tulisan” atau “masukan”. Orang yang menulis atau memasukkan dan memelihara tulisan di blog disebut “blogger“. Sebuah blog terdiri dari teks, hypertext, gambar, dan link (ke halaman web dan video, audio dan file lainnya). Blog menggunakan dokumentasi dengan gaya percakapan. Seringkali blog fokus pada “wilayah kepentingan” tertentu, seperti Washington, DC, politik yang sedang berlangsung, dan beberapa blog mendiskusikan pengalaman pribadi. (Ref: Wikipedia).

‘Sebuah publikasi kronologis yang sering tentang pikiran seseorang dan dalam bentuk link Web.’ (Ref: Marketingterms dictionary).

Web log; Sebuah blog pada dasarnya adalah journal yang tersedia di Web. Aktifitas menmperbaharui blog disebut blogging (atau ngeblog dalam bahasa Indonesia) dan seseorang yang mengelola blog disebut blogger. (Ref: Computersprintersrepairshouston.com/ glossary).

Sebuah weblog adalah sejenis tur berkesinambungan dengan bimbingan manusia yang anda tahu. Ada banyak bimbingan yang bisa dipilih, dan semuanya mengembangkan audiens, dan ada hubungan pertemanan dan politik antara pengelola blog yang saling menunjuk dan semuanya dalam bentuk struktur, grafik, alur, dll. (Ref: Newhome/History Of Weblogs)

‘Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan memperbarui blog adalah “blogging” dan seseorang yang membuat sebuah blog adalah “blogger.” Blog biasanya Diperbaharui harian menggunakan software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tidak ada latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog. Posting di blog ini hampir selalu diatur dalam urutan cronological terkini dengan penambahan fitur yang paling menonjol. Menulis dalam sebuah blog hampir selalu dalam urutan kronologis dengan penambahan fitur yang paling terkini yang paling menonjol. (Ref: Matisse.net/glossary).



Blog biasanya ditulis oleh satu orang dan diperbarui secara berkala. (tmeskipun tidak selalu, karena sekarang banyak juga blog yang ditulis secara berkelompok/oleh banyak orang). Blog seringkali (tetapi tidak selalu) ditulis mengenai topik tertentu – namun, rata-rata blog blog ditulis mengenai beragam topik. Dari fotografi, curhat, berita-berita, artikel kerohanian, untuk resep, untuk tempat promosi bisnis, untuk sekedar hobi, dan lain-lain. Dalam ngeblog seyogyanya juga perlu dimaksimalkan beragam aplikasi yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kualitas blog kita, yaitu : semacam voting kepada pengunjung blog kita, arsip, komentar, kategori/label, feeds, dan sebagainya.

Blog biasanya ditulis menggunakan platform gratisan seperti Blogger, Wordpress, Blogsome, Multiply, dan sebagainya. Namun para blogger yang lebih serius biasanya menggunakan nama domain pribadi, atau bahkan memakai hosting sendiri. Keuntungan dari memakai domain sendiri atau bahkan menggunakan hosting sendiri adalah memberi kesan lebih personal dan profesional . Kemudian penggunaan nama domain dan sekaligus hosting sendiri memiliki beberapa manfaat, yang jauh lebih besar, diantaranya : memiliki semua fitur yang berguna untuk optimalisasi blog, nama lebih personal dan profesional, tempat hosting/penyimpanan file blog kita dapat kita pindah dari perusahaan hosting satu ke tempat lain sesuai keinginan, dan konon katanya dapat lebih SEO friendly. Selain itu dengan domain+hosting sendiri akan lebih mudah dijadikan lahan mencari keuntungan (di-monetize).

Lalu, apa saja yang perlu diketahui jika kita ingin mendapatkan hasil maksimal dalam nge-blog? Termasuk berbagai keuntungan menggunakan nama domain dan hosting sendiri, serta pilihan tempat hosting terpercaya di Indonesia untuk hosting blog kamu. Selengkapnya kita bahas pada tulisan berikutnya. Sedikit info, untuk tempat hosting, beberapa rekan blogger saya mengatakan mereka percaya pada IDwebhost sebagai tempat hosting blog mereka, bahkan banyak diantara mereka yang mengatakan bahawa IDwebhost.com Trend Hosting Indonesia saat ini. Bukannya bermaksud promosi, namun itulah yang saya baca disana.


*****
Ref: www.bloggerpemula.info

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar