Tips Trik Menghemat BBM (Solusi untuk Kehidupan yang Lebih Baik)

Bookmark and Share
Dunia semakin panas dengan semakin banyaknya zat Co2 yang dilepaskan ke angkasa. Pemanasan global pun menjadi isu yang hangat. Semua orang sibuk mengkampanyekan penghijauan dan penghematan BBM.

Lantas apa saja yang bisa kita lakukan untuk menekan Global Warming?

Ada banyak cara sebenarnya, mulai dari pengefektifan penggunaan mesin industri, mesin mobil, dan sebagainya. Faktor yang sangat berperan dalam pengefektifan mesin-mesin tersebut juga beragam, mulai dari perawatan mesin, penggunaan BBM, dan pemilihan mobil yang ramah lingkungan, tentunya dengan tidak melewatkan spesifikasi mobil yang sebisa mungkin tetap dalam batasan kriteria Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia, karena bagaimanapun bagi kita yang ada di Indonesia peranan/arti keluarga itu sangat penting.

Lebih lanjut tentang penghematan BBM, dengan menghemat BBM selain memperpanjang waktu generasi manusia selanjutnya untuk dapat terus memanfaatkan BBM (karena BBM termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui) maka kita ikut mengurangi zat Co2 yang terlepas dan otomatis mengurangi kemungkinan global warming.

Meskipun itu bukan satu-satunya solusi namun paling tidak kita telah berusaha menekan pemanasan global. Sebenarnya masih banyak hal-hal yang mampu menekan global warming seperti penelitian baru-baru ini tentang dampak letusan gunung berapi konon katanya mampu ikut menekan pemanasan global, simak selengkapnya pada artikel Letusan Gunung Berapi Ternyata Dapat Mengurangi Global Warming.




Oke, sekarang kita kembali pada penghematan BBM. Berikut ini ww [dot] com cuplikkan cara mudah menghemat BBM :

• Jangan memanaskan mesin terlalu lama
Hal ini sering terjadi ketika Anda bersiap untuk pergi, misalnya berangkat kerja. Sambil memanaskan mobil, terkadang Anda juga menyempatkan diri untuk melakukan aktifitas lain. Secara tidak sadar, Anda sudah memanaskan mesin cukup lama dan mengakibatkan pemborosan BBM. Memanaskan mesin mobil, sebenarnya hanya membutuhkan waktu 3 menit saja.

• Jika Anda ingin melajukan mobil lebih cepat, setelah pedal gas ditekan sedikit, langsung saja pindahkan gigi ke posisi yang lebih tinggi. Jangan tunggu sampai putaran mesin naik terlalu besar. Dengan melakukan hal ini saja, Anda sudah bisa menghemat konsumsi bahan bakar sebanyak 5-10 %;

• Jika Anda terpaksa menekan pedal gas cukup dalam, usahakan tidak lebih dari 80%. Manfaatkan gaya dorong mobil untuk melakukan percepatan saat Anda ingin melajukan mobil lebih cepat

• Gunakan gigi yang paling tinggi ketika Anda sedang melaju cepat di jalan tol. Dengan begitu, putaran mesin pun akan tetap rendah, dan pemakaian bahan bakar pun bisa lebih dihemat

• Jika Anda sedang melaju di jalur yang cukup lowong, misalnya di jalan tol, usahakan kecepatan mobil berada di sekitar 70 km/jam. Ini adalah kecepatan yang paling pas dan terhitung ekonomis. Jika Anda melebihi kecepatan tersebut, putaran mesin akan meninggi, dan konsumsi bahan bakar akan semakin boros.

• Sebisa mungkin, lajukanlah mobil dengan kecepatan konstan. Jangan terlalu sering menekan pedal gas dan melakukan pengereman secara tiba-tiba.

• Saat memperlambat atau menghentikan laju kendaraan, manfaatkanlah pengurangan kecepatan dengan mesin (engine brake). Angkat pedal perlahan, dan putaran mesin pun akan ikut berkurang.


Semoga Bermanfaat

**ww**

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar