Berbagai Manfaat Jamur untuk Kesehatan

Bookmark and Share
Pola makan dan asupan nutrisi yang tak benar adalah salah satu penyebab rendahnya sistem kekebalan tubuh. Jangan abaikan kondisi ini. Sistem kekebalan tubuh yang buruk membuat tubuh mudah lelah dan rentan terserang penyakit.


a. Cara Alami Tingkatkan Kekebalan Tubuh


Ada cara mudah untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Pilih beberapa sumber makanan yang mengandung nutrisi penting untuk tubuh.

Jamur adalah makanan yang cukup populer untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. "Penelitian menunjukkan bahwa jamur meningkatkan produksi dan aktivitas sel darah putih. Ini sangat baik bila tubuh mengalami infeksi,” kata Douglas Schar, Direktur Institute of Herbal Medicine di Washington DC, AS.

Salah satu jamur termahal, shiitake, adalah yang memiliki nutrisi paling baik untuk kekebalan tubuh. Jamur maitake juga memiliki manfaat yang sama. Anda bisa mengolahnya sesuai menu favorit Anda.


(Gbr. Jamur Shiitake)

Selain itu, makanan mengandung zinc dan antioksidan juga cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Zinc membantu tubuh meningkatkan kemampuan mencegah peradangan dan in feksi. Zinc membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang menjadi tameng dari berbagai virus, kuman, dan bakteri. Sedangkan antioksidan berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Sumber pangan yang kaya kandungan zinc antara lain daging sapi, tiram, daging unggas, susu, dan yogurt. Sementara antioksidan bisa diperoleh melalui konsumsi teh. Teh hijau dan teh hitam kaya kandungan polifenol yang merupakan antioksidan yang baik.


b. Jamur Ling Zhi



(Gbr. Jamur Ling Zhi)

- Asal Usul Jamur Ling Zhi

Jamur Ling Zhi adalah jamur berukuran besar yang tumbuh di batang pohon tua atau sisa pepohonan yang lapuk. Tudungnya berbentuk pipih menyerupai ginjal berdiameter hingga 30 cm dengan ketebalan 2-5 cm dan bertangkai pendek.

Sama seperti jamur kayu lainnya yaitu jamur tiram, jamur kuping dan shiitake; jamur ling zhi ini aman dikonsumi manusia, bahkan berkhasiat sebagai obat. Manfaat jamur Ling Zhi sudah terkenal berabad-abad lamanya dan diyakini sebagai obat awet muda yang membuat orang tidak akan mati-mati (elixir of immortality).

Di Jepang, jamur ini dikenal dengan nama Reishi. Di temukan oleh seorang petani bernama Shen Nong di Cina sekitar 2400 tahun yang lalu. Dulu jamur ini sangat langka dan hanya digunakan di kalangan kaisar dan para bangsawan Cina dan Jepang.

Melihat manfaat jamur ling zhi yang begitu besar, akhirnya seorang peneliti Jepang dari Universitas Kyoto bernama Yukio Naoi mulai membudidayakan jamur ini pada tahun 1977. Ia mengembangbiakkan jamur ling zhi dengan menggunakan media tumbuh yang berasal dari limbah pertanian dan kayu-kayu yang telah lapuk.

- Manfaat Jamur Ling Zhi

* Meningkatkan kebugaran tubuh

Para pakar Jepang Koseisho Health Departement telah meneliti manfaat jamur ling zhi melalui senyawa aktif yang dikandungnya. Ternyata, jamur ling zhi mengandung germanium organic. Senyawa ini mampu menyerap oksigen sehingga suplai oksigen di dalam darah meningkat 1,5 kali lipat.

Kandungan oksigen dalam darah inilah yang menyebabkan tubuh terlihat lebih segar, bugar dan awet muda. Manfaat jamur ling zhi ini melebihi khasiat ginseng 6 kali lipatnya.

* Mencegah dan Melawan Sel-sel Kanker

Racun dalam tubuh adalah lahan empuk bagi sel-sel kanker untuk tumbuh dan berkembang biak. Jamur Ling Zhi berkhasiat membersihkan racun dari dalam tubuh. Jika tubuh telah bersih dari racun, otomatis sel-sel kanker tidak akan mampu berkembang biak atau menyebar, bahkan akan mati.

Prof. Feng-Lin Hsu, Ph.D, seorang profesor dan direktur di Graduate Insitute of Pharmacognosy Science, Taipei Medical University, Departemen Ilmu dan Teknologi Farmakognosi, Jepang, yang meneliti manfaat jamur ling zhi mengungkapkan bahwa kandungan polisakarida, germanium, triterpenoid dapat mencegah kanker payudara.

* Menormalkan Fungsi Tubuh yang Terganggu

Daya adaptogen jamur Ling Zhi mampu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak atau menormalkan kembali sel-sel yang tidak normal. Karena itu, jamur ling zhi dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kemampuannya memperbaiki organ-organ dalam tubuh sehingga dapat berfungsi normal kembali.

Secara singkat, jamur Ling Zhi memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai berikut :

* meningkatkan sistem kekebalan tubuh,
* menormalkan tekanan darah tinggi maupun rendah,
* mencegah stroke,
* antioksidan,
* antinyeri,
* antiradang,
* antivirus,
* antijamur,
* antialergi,
* menurunkan kadar lemak, kolesterol dan gula darah,
* menyembuhkan bronchitis dan hepatitis,
* menekan efek samping kemoterapi/radiasi


- Manfaat Jamur Ling Zhi Berdasarkan Warnanya

Setidaknya ada 6 warna jamur Ling Zhi yang diketahui memiliki khasiat, yaitu:

* Ling Zhi merah, berkhasiat untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan organ jantung dan pembuluh darah,
* Ling Zhi ungu, berkhasiat untuk mengatasi gangguan yang berkaitan dengan persendian,
* Ling Zhi hijau, berkhasiat mengatasi masalah liver,
* Ling Zhi putih, berkhasiat untuk mengatasi gangguan paru-paru dan kulit,
* Ling Zhi kuning, berkhasiat untuk mengatasi ganggunan limpa,
* Ling Zhi hitam, berkhasiat untu mengatasi gangguan ginjal dan otak.

Untuk memperoleh manfaat jamur Ling Zhi yang bertekstur keras dan kenyal ini, biasanya mereka harus merebusnya terlebih dahulu. Setelah itu, air rebusannya mereka minum meskipun rasanya pahit. Namun kini, jamur Ling Zhi telah diolah dalam bentuk kapsul sehingga mudah ditelan tanpa harus menahan rasa pahit.



c. 6 (Enam) Manfaat Jamur untuk Kesehatan

Studi-studi menunjukkan bahwa jamur bisa meningkatkan produksi dan aktivitas sel-sel darah putih. Dan hal ini, menurut direktur Institute of Herbal Medicine Douglas Schar, sangat baik untuk melawan infeksi.

Berikut beberapa manfaat lain dari jamur:

1. Turunkan berat badan.

Jamur mengandung sekitar 80-90 persen air dengan kandungan kalori rendah. Selain itu, jamur juga mengandung sangat sedikit sodium dan lemak, dan 8-10 persen dari komponen kering jamur adalah serat. Karena itu, makanan satu ini sangat ideal bagi Anda yang sedang mengikuti program pengontrolan berat badan atau diet untuk mengontrol hipertensi.

2. Sumber kalium.

Jamur kaya kalium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke. Satu jamur portabella ukuran sedang dinyatakan mengandung lebih banyak kalium dibandingkan sebuah pisang atau segelas jus jeruk. Satu takar jamur juga menyediakan 20-40 persen ajuran tembaga harian Anda. Tembaga merupakan mineral yang mengandung komponen pelindung jantung.

3. Lawan radikal bebas.

Jamur kaya akan riboflamin, niacin, dan selenium. Selenium merupakan antioksidan yang bekerja dengan vitamin E untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Kurangi risiko kanker prostat.

Selain melawan radikal bebas, kandungan selenium dalam jamur juga membantu mencegah kanker prostat. Baltimore study yang mempelajari penuaan menemukan, mereka yang mengonsumsi selenium dengan dosis dua kali lipat dari anjuran harian berisiko 65 persen lebih rendah mengalami kanker prostat. Laki-laki dengan kadar selenium terendah berisiko empat hingga lima kali lebih besar mengalami kanker prostat dibandingkan mereka yang memiliki kadar selenium tertinggi dalam darah.

5. Cegah kanker payudara.

Jamur kancing mengandung komponen yang berfungsi menghambat aktivitas aromatase (enzim yang terlibat dalam produksi estrogen) dan 5-alpha-reductase (enzim yang berfungsi mengubah testosteron menjadi DHT). Temuan terbaru menunjukkan bahwa jamur kancing bisa mengurangi risiko kanker payudara dan kanker prostat. Ekstrak jamur kancing mengurangi perbanyakan sel dan memperkecil ukuran tumor. Efek kemoterapi ini bisa dilihat dengan asupan sekitar 100 gram jamur per hari.

6. Atasi flu.

Di China dan Jepang, jamur shiitake telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi demam dan flu. Lentinan, yang diisolasi dari batang jamur shiitake, dinyatakan menstimulasi sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan menunjukkan aktivitas antitumor.





Ref:
- http://id.news.yahoo.com/viva
- http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat
- http://www.anneahira.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar