Penyebab Stress dan Makanan untuk Meredamnya

Bookmark and Share
Keseharian Anda sering berada di bawah tekanan?
Jika iya, sebaiknya jangan didiamkan terlalu lama. Hati-hati, stres yang berkepanjangan bisa berujung pada depresi.




Sistem kekebalan tubuh yang buruk membuat tubuh mudah lelah dan rentan terserang penyakit. Itulah mengapa penting mengenali sejumlah kebiasaan yang mungkin tak Anda sadari dapat menyebabkan stress dan menurunkan sistem imunitas.

1. Jarang bergaul

Penelitian menunjukkan, semakin sedikit interaksi seseorang dengan orang-orang di sekitarnya akan semakin mudah terkena penyakit. Ini berkaitan dengan tingkat depresi yang berpengaruh pada harapan hidup.

Jangan biarkan diri terjebak dalam rutinitas pekerjaan dan menjauh dari pergaulan. Sesekali, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman atau komunitas tertentu. Ini bisa Anda lakukan sepulang kerja atau akhir pekan.

2. Pesimistis

Sikap pesimistis ternyata juga berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Pesimistis membuat seseorang mudah sekali merasa lelah dan terserang stres. Hal inilah yang membuat tubuh menjadi kurang fit dan sistem kekebalan tubuh menurun.

3. Kurang tidur

Kurang tidur akan langsung akan rasa efeknya. Sakit kepala, sulit berkonsentrasi, dan mudah lelah. Tidur adalah saat sel-sel tubuh yang rusak melakukan perbaikan. Jika Anda kurang tidur sel yang merupakan zat antibodi tidak bekerja maksimal sehingga tubuh mudah sekali terserang penyakit.

4. Dikelilingi perokok


Sudah menjadi rahasia umum bahwa perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif. Batuk, sesak napas, mata perih, bahkan sakit kepala pasti akan sering Anda alami jika selalu berada di dekat perokok.

Jika kondisi tersebut terjadi terus-menerus, tubuh akan selalu merasa kurang fit, cepat lelah dan mudah terkena penyakit. Pada anak-anak, asap rokok juga memicu gejala asma.


Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab stress dan penurun sistem imunitas tubuh, cobalah rutin mengonsumsi enam makanan berikut ini agar membantu Anda mengusir stres secara sehat, dikutip dari realbeauty.

1. Jeruk

Sebuah studi di Jerman yang dimuat dalam jurnal Psychopharmacology menemukan, vitamin C dapat membantu Anda mengurangi stres dan mengembalikan tekanan darah dan kortisol (hormon penyebab stres) ke tingkat normal setelah Anda stres. Vitamin C juga terkenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Ubi Jalar

Ubi bisa mengurangi stres Anda. Sebab ubi akan memenuhi kebutuhan tubuh untuk mendapatkan karbohidrat saat Anda berada di bawah stres. Ubi yang mengandung vitamin beta-karoten akan membantu tubuh Anda untuk memproses karbohidrat.

3. Bayam

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan sakit kepala migrain dan rasa lelah. Semangkuk sayur bayam bening mengandung magnesium sebesar 40 persen dari kebutuhan harian Anda.

4. Salmon

Salmo kaya akan asam lemak omega-3. Diet tinggi asam lemak omega-3 melindungi tubuh dari penyakit jantung. Sebuah studi dari Diabetes & Metabolism menemukan bahwa omega-3 menjaga hormon stres kortisol dan adrenalin dari puncak.

5. Avokad

Lemak dan kalium dalam avokad membantu menurunkan tekanan darah. Institut Nasional Jantung, Paru, dan Darah menyebutkan, salah satu cara terbaik menurunkan tekanan darah adalah mengonsumsi kalium cukup (alpukat memiliki lebih dari pisang).

6. Sayuran hijau

Brokoli, kale, dan sayuran hijau juga dapat membantu tubuh kita agar tidak lemah saat stres.


Selain makanan ada, tips lain pengusir stres, antara lain:


- Olaraga teratur

- Mengonsumsi makanan kecil (seperti buah atau biskuit rendah kalori) sepanjang hari, yang akan membuat gula darah Anda stabil.


(Ref: vivanews.com).

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar